Thursday, March 14, 2019

BIOGRAFI Philippe Nonet BESERTA PEMIKIRAN DAN ALIRAN FILSAFAT HUKUM

Philippe Nonet lahir dan dibesarkan di Belgia, di mana ia memperoleh gelar sarjana hukum (Doctorat en Droit) pada tahun 1961. Ia belajar dan mengajar di departemen sosiologi di UC Berkeley sebelum bergabung dengan fakultas Boalt pada tahun 1977. Bidang keahlian utamanya adalah yurisprudensi.[1]
Nonet adalah Charge de Cours di Universite Catholique de Louvain dari tahun 1966 hingga 1970 dan seorang profesor tamu di Universitas Bremen pada tahun 1981. Ia adalah penulis Keadilan Administratif dan Hukum dan Masyarakat dalam Transisi (dengan profesor Boalt Phillip Selznick).[2]
Pemikiran dari Phillippe Nonet adalah teori hukum represif yang juga dipelopori oleh Selznick. Teori ini mucul karena adanya masalah-masalah sosial, kemiskinan, kejahatan, pencemaran lingkungan, kerusuhan kaum urban, dan penyalahan kekuasaan oleh pemerintah yang melanda Amerika Serika pada tahun 1950an.
Memahami kenyataan itu, Nonet dan Selznick kemudian mencoba memasukan unsur-unsur dan pengaruh ilmu sosial kedalam ilmu hukum dengan menggunakan strategi ilmu sosial. Ada perspektif ilmu sosial yang harus diperhatikan untuk bekerjanya hukum secara keseluruhan, sehingga hukum tidak hanya mengandung unsur pemaksaan dan penindasan semata.
Pemikiran hukum responsif Nonet dan Selznik ini dibedakan tiga klasifikasi dasar dari hukum dalam masyarakat, yaitu hukum sebagai pelayan kekuasaan represif (hukum represif), hukum sebagai institusi tersendiri yang mampu menjinakan represi dan melindungi integritas dirinya (Hukum Otonom), hukum sebagai fasilitator dari berbagai respon terhadap kebutuhan dan aspirasi sosial (Hukum Responsif).
Jika dianalisis, pemikiran Nonet lebih masuk kedalam aliran sociological jurisprudenz karena jika diamati pemikiran Nonet ini berusaha merubah hukum dengan ilmu sosial yang semula bersifat menindas dan pemaksaan menjadi lebih humanis.




[1] Barkeley Law University of California, Phillippe Nonet PROFESSOR OF LAW (EMERITUS),( https://www.law.berkeley.edu/our-faculty/faculty-profiles/philippe-nonet/ , diakses pada tanggal 14 November 2018).
[2] Ibid.

No comments:

Post a Comment